Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengirim Uang Lewat Western Union & Bank yang Kerjasama

Sobat mau transfer uang dari luar negeri ke Indonesia sekarang? Simak informasi cara mengirim uang lewat Western Union dengan contoh langkah pengiriman uang dari luar negeri ke Indonesia ataupun sebaliknya.

Nah, ada baiknya kita kenali dulu siapa itu Western Union, yakni layanan pengiriman uang yang tersedia hampir di seluruh penjuru dunia dan tersebar hingga di 200 negara, termasuk Indonesia.
Bagaimana cara kirim uang lewat western union
Sekarang ini ada banyak bank yang bekerjasama dengan Western Union di Indonesia untuk pengambilan uang nantinya seperti Bank Syariah Mandiri, BRI, BII, Danamon, CIMB, Bank Saudara, Bank Jabar Banten, BTN, Bank Bumiputera, Bank Nagari, Rabobank, Bank Jatim, Bank Sumsel Babel, Bank Kalbar, Bank Jateng, Bank Mestika Dharma, dan Bank DKI kalau sobat mentransfer uang dari luar negeri ke rekening Bank lokal.

Meski layanan pengiriman uang Western Union ini bisa digunakan untuk transfer uang dari luar dan dalam negeri, yang paling sering yakni di pake transaksi cara kirim uang lewat Western Union di negara lain ke Indonesia tanpa rekening Bank lokal.

Kalau sobat hanya mau kirim uang tanpa ATM di Indomaret saja bisa, jika masih di wilayah dalam negri saja.

3 Macam Fitur Pilihan & Pihak yang Bekerjasama dengan Western Union

Adapun jenis 3 fitur yang ditawarkan WU ke pelanggannya yang bisa sobat pilih untuk mengirim uang lewat Western Union adalah:

  • Will Call adalah penerima yakni untuk individu/ bukan Badan Usaha
  • Quick Pay yaitu penerimaan uang dilakukan oleh Badan Usaha
  • Antar Jemput Uang

Sedangkan beberapa pihak yang menjalin kerjasama dengan Western Union untuk kirim dan mengambil uang adalah:

  • Bank Mandiri
  • Bank Syariah Mandiri
  • Bank BII
  • Bang Niaga
  • Bank BRI
  • Kantor Pos
  • Tiki, DLL

Namun, apabila sobat saat ini mau kirim uang lewat Western Union melalui salah satu mitranya, sebaiknya cek dulu ato tanyakan ke CS di kantor-kantor tersebut ada layanan WU apa tidak.

Dan untuk biaya pertransaksi dari beberapa sumber yang saya dapat yakni sebesar 50 sampai 100 ribu tergantung berapa nominal uang yg di transfer lewat Western Union.

Bagaimana Cara Mengirim Uang Lewat Western Union?


Udah tidak sabar lagi pengen tahu prosedur pengiriman uang melalui WU, yang pasti sobat harus pergi dulu ke lokasi kantor Western Union dulu, jika sudah berada disana, lanjut:

  • Silahkan anda meminta formulir pengiriman ke CS yang jaga
  • Kemudian isi lengkap formulir tersebut dan pastikan tidak salah dalam melakukan pengisian datanya
  • Setelah itu serahkan kembali lembar formulir anda ke CS jika sudah selesai dan juga uang yang mau sobat kirim
  • Petugas akan meminta kartu identitas anda, guna untuk memverifikasi pengiriman uang 
  • Lalu sobat akan diminta untuk tanda tangan dan setelahnya diberikan Kode MTCN yang nantinya digunakan penerima transfer untuk mengambil uang di Western Union atau di kantor cabangnya seperti POS Indonesia dll

Tagihan biaya pengiriman uang lewat Western Union hanya dibebankan kepada pengirim, sedangkan penerima tidak dikenai biaya sepeserpun.

Panduan Cara Mengambil Uang Transfer Western Union


Nah, untuk mencairkan dana dari WU, penerima bisa ke Kantor POS atau cabang Western Union lainnya dengan mengisi lembar formulir penerimaan hasil transferan tadi.

Jadi tinggal datang ke kantor POS, lalu minta lembar formulir ke CS yang jaga, kemudian isi fata yang dibutuhin seperti nama, alamat, jumlah nominal uang yang diterima, cabang WU dan juga Kode MTCN di formulir.

Maka petugas akan minta KTP untuk proses verifikasi pengambilan uang hasi dari transfer WU.

Selesai..!

Demikian sekilas info tentang cara mengirim uang lewat Western Union dari luar negeri ke Indonesia ataupun sebaliknya. Semoga artikel ini membantu anda.

Post a Comment for "Cara Mengirim Uang Lewat Western Union & Bank yang Kerjasama"