Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee & PENARIKAN Dana ShopeePay

Cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar lewat transfer maupun melalui pembayaran di Indomaret atau juga yang belum dibayar bisa sobat ketahui disini.

Saya yakin tidak semua orang yang belanja online di Shopee lancar-lancar aja, pasti ada masalah seperti barang tidak cocok, entah ukuran, warna atau bisa juga barang tidak sesuai dengan deskripsi produk yang penjual bilang.

Maka untuk menjawab rasa kepo anda tentang pembatalan di Shopee tersebut, saya akan mencoba menjabarkan bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee tapi sudah transfer uang baik bayar lewat Indomaret atau transfer rekening bank beserta cara mengajukan pengembalian dana yang sudah dibayar.
membatalkan pesanan di shopee 1
Cara Pembatalan Pesanan di Shopee
Sebelum itu, mari kita simak bersama beberapa alasan kenapa pembeli ingin melakukan pembatalan pesanan atau bahkan penjual yang nyebelin tiba-tiba orderan kita dibatalkan. Berikut alasanya:

  • Barang yang di pesan tidak juga sampai dirumah melebihi estimasi / perkiraan
  • Transfer pembayaran kurang dari harga barang yang di beli
  • Warna barang yang di inginkan tiba-tiba kosong
  • Ukuran atau size kehabisan

Alasan pembeli membatalkan pesanan di Shopee yang ada diatas adalah yang sering saya temukan dari berbagai sumber. Sedang untuk yang pembatalan dari seller, memang ada fitur cancel orderan dari pihak Shopee ke si penjual. Jadi sobat tidak bisa protes, namun dana yang sudah dibayar akan masuk ke menu dompet Shopee yang untuk versi aplikasi terbaru Shopee menu tersebut diganti dengan menu ShopeePay.

Lalu, apakah bisa tarik uang kembali ke rekening pribadi kita?

Tentu saja bisa dong..

Nanti sobat akan mengerti bagaimana cara menarik dana dari ShopeePay ke rekening bank yang sobat gunakan. Jadi ikuti tips yang ada disini dari awal hingga akhir ya!

Tata Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Belum dibayar

Untuk batalkan pesanan yang belum dibayar, sobat cukup mengabaikan tagihan pembayaran saja. Karena otomatis kalau pembeli belum juga membayar biaya pembelian barang dalam tenggat waktu 1x24 jam, maka order batal otomatis.

Namun jika sobat tidak sabar ingin segera membatalkan pesanan di Shopee, bisa melalui Tombol Batalkan Pesanan yang letaknya di menu Detail Pesanan.

Dan misalkan ingin tahu cara menggabungkan ongkos kirim di Shopee baca tips selengkapnya pada tautan link.

Trik Ajukan Pembatalan di Shopee yang Sudah dibayar

Kalau pesanan di Shopee sudah sobat bayar / transfer, cara membatalkan pemesanan bisa lewat Tombol Ajukan Pengembalian Barang / Dana yang letaknya di menu Rincian Pesanan.

Setelah itu sobat akan diminta memilih alasan kenapa ingin melakukan pembatalan pesanan.

Dari langkah tersebut, ada 2 pilihan kategori untuk membatakan pesanan, yakni:

  • Pembatalan Instan        : Maksudnya yakni konfirmasi pembayaran di Shopee sudah dilakukan belum lama, sekitar 1 jam setelah transfer karena dalam tenggat waktu tersebut penjual belum memproses pesanan ke jasa pengiriman dan pastinya belum punya nomer resi barang
  • Pembatalan Non Instan: Yakni sobat lebih dari 1 jam telah menyelesaikan pembayaran, maka barang sudah dalam proses pengiriman

Nah, berhasil atau tidak cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar tersebut tergantung dari pihak penjual.

Jadi sobat perlu chat langsung dari aplikasi Shopee dan minta baik-baik untuk cancel orderan dari sobat.

Cara Mengembalikan Dana yang Sudah di Transfer

Misalkan penjual setuju batalkan pesanan, secara otomatis dana yang kita bayarkan tadi akan masuk ke ShopeePay, dan untuk penarikan uang dari ShopeePay ke rekening bank sobat, caranya mudah kok.

Sobat cukup memasukkan nomor rekening bank yang dimiliki pada menu Akun Saya di aplikasi Shopee.
pembatalan pesanan shopee yang sudah dibayar
Penarikan Uang dari ShopeePay ke Rekening Bank
Nah, begitulah tips cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar maupun belum, lengkap dengan cara mengajukan pengembalian dana dari ShopeePay ke rekening bank.

Jadi meski sobat bayar Shopee lewat Indomaret, kalau ingin tarik kembali dana yang sudah anda transfer wajib memasukkan nomer rekening bank ya!

Terakhir, mengenai waktu proses transfer uang dari ShopeePay masuk ke rekening pribadi sekitar 2 hari lamanya, bisa lebih cepat pun lebih lambat dari ketentuan tersebut. Untuk harinya antara Senin, Rabu kalau tidak ya Jum'at barulah saldo ShopeePay masuk ke rekening bank yang sobat punya sekarang.

4 comments for "Cara Membatalkan Pesanan di Shopee & PENARIKAN Dana ShopeePay"

  1. Gan mnta pencerahannya dong, saya kn melakukan pembatalan dan itu hrus mnta persetujuan penjual klo sampai tgl 30 tdk d respon akan otomatis d batalkan, tpi sampai skrng dri penjual tdk ada respon dan dri aplikasi blm d batalkan scra otomatis, saya harus bagaimana agar uang yg sudah saya tf bisa balik lagi gan..??

    ReplyDelete
  2. Kalau saya bayarnya lewat indomaret, dan saya membatalkan pesanan sedangkan saya nggak punya atm, gimana caranya agar uang saya bisa kembali, atau paling nggak gimana caranya agar saya bisa pesan barang lain melalui uang pesanan yang saya batalkan? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uang sobat masuk ke ShopeePay, tentu bisa belanja barang di Shopee bayar lewat ShopeePay..

      Delete
  3. kira kira uang berkurang ga,,bila diminta

    ReplyDelete