Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gini Cara Belanja di Alibaba Express Bayar via Alfamart Terbaru

Begini cara belanja di Alibaba Express (Aliexpress) dengan pembayaran via Alfamart buat sobat Indonesia yang baru pertama kali mencoba order produk olshop dari luar negeri yaitu Aliexpress dan tidak punya kartu kredit. Emang bisa beli di toko online Alibaba bayar di Alfamart, bagaimana caranya? Yuk cari tahu lengkapnya pada panduan cara belanja di Aliexpress berikut ini.

Sebelum mulai ke tahapan berbelanja di Alibaba Express yang berasal dari negri tirai bambu yakni China, dimana Aliexpress merupakan anak perusahaan Alibaba, secara garis besar prosedur pemesanan barang yang mau di beli disana kurang lebih sama dengan kalau anda belanja online di Tokopedia, Lazada, Shopee maupun ecommerce yang ada di Indonesia.
cara belanja di alibaba express
Perbedaannya mungkin di harga yang lebih murah ketimbang beli di toko online Indonesia kalau anda berniat belanja di Aliexpress untuk di jual kembali ke toko online lain karena di negri tirai bambu ini terkenal dengan harga produk yang murah. Meski begitu anda sebagai pembeli harus pintar-pintar dalam memilih penjual di Aliexpress yang kiranya bisa dipercaya.

Cara Daftar AliExpress untuk Belanja Online


Nah, seperti yang udah saya tulis diawal bahwasanya belanja di Aliexpress kurang lebih sama persis seperti membeli barang di toko online Indonesia. Jadi tahap awal dari proses berbelanja di Alibaba Express silahkan membuat akun dulu yah, boleh pake hp atau laptop yang tersambung dengan jaringan internet. Berikut gambaran langkah singkat pendaftarannya:

  • Pertama-tama silahkan masuk ke website Aliexpress dan lanjut di tampilan awal pilih tombol Sign Up / Daftar
  • Setelah itu lengkapi data-data yang diperlukan untuk membuat akun Aliexpress lalu pilih tombol Create Your Account

Usai daftar akunnya, kini anda bisa langsung belanja online di Aliexpress

Bagaimana Cara Belanja di Alibaba Express tapi tidak punya Kartu Kredit?


Masalah ini seringkali menghantui pembeli yang mau pesan barang dari luar negeri tapi belum punya kartu kredit, mungkin salah satu alasanya yakni belum mengetahui syarat membuat kartu kredit BRI, BCA ataupun tidak mau ribet ngurusnya.

Dan untungnya meski order barang di Alibaba Express ini memiliki banyak opsi pembayaran belanja seperti lewat Bank Transfer, Doku, Western Union maupun bayar belanja di Aliexpress di minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Lawson, AlfaExpress.

Jadi buat anda yang mau beli barang di Aliexpress tidak perlu kawatir dan bingung gimana cara pembayaran belanja di Alibaba Express. Sekarang waktunya kita masuk ke tahap-tahap cara belanja di Alibaba Express yah:

  1. Masuk ke situs Aliexpress dan ketik nama barang yang mau di pesan
  2. Ketika barang yang dicari sudah muncul, pilah dan pilih mana produk yang cocok kalau sudah klik tombol Buy Now 
    pengalaman belanja di aliexpress
  3. Halaman berikutnya silahkan anda mengisi "Alamat Rumah" secara lengkap dan pastikan tidak salah dalam eja'anya (Lihat gambar no 5)
  4. Lanjut pilih "Jasa Pengiriman" paket di Aliexpress, untuk menghindari biaya pengiriman barang dari luar negri ke Indonesia mahal maka pilih saja opsi Free Shipping Via Aliexpress Standart Shipping, namun kekurangan nya waktu sampainya barang di tangan anda kisaran 2 - 5 mingguan (Screenshot layar dibawah)
  5. Langkah selanjutnya "Metode Pembayaran", disinilah terdapat 2 opsi pembayaran di Aliexpress, yakni (1) Use a New Card (2) Other Payment Methode. Tab yang Other Payment Methode lalu tekan tombol Confirm & Pay 
    cara mengisi alamat di aliexpress
  6. Kemudian anda akan dihadapkan lagi dengan opsi pembayaran belanja di Aliexpress dengan kartu kredit, abaikan saja dan langsung pilih opsi Doku lalu klik Buy Now 
    cara belanja di alibaba indonesia
  7. Dari langkah tersebut berikutnya akan ada opsi pembayaran dengan Doku, Mandiri Klik Pay, Transfer ATM, Minimarket dan yang harus dipilih kalau anda mau bayar Aliexpress via Alfamart maka Opsi Minimarket lanjut Get Payment Code 
    cara bayar aliexpress via atm
  8. Tampilan terakhir akan menginformasikan "Kode Pembayaran Aliexpress", silahkan screenshot layar hp anda / di catat juga boleh 
    cara pembayaran aliexpress 2018

Silahkan segera lakukan pembayaran belanja di Aliexpress melalui Doku di Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress dengan menujukkan kode bayar ke kasir disana sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Jadi intinya kalau bayar Aliexpress via Alfamart bilang ke kasir mau bayar Doku untuk Aliexpress, dah gitu aja pasti mbak nya ngerti kok hehe.

Dan setelah menyelesaikan langkah cara belanja online di aliexpress beserta proses pembayaran juga maka tidak lama anda bisa melihat status barang yang dipesan yakni pada halaman web Aliexpress itu sendiri.

Disana bisa dilihat status pembayaran Sukses, prosesnya sudah sampai mana paket tersebut dari mulai Pesanan di Teruskan ke Penjual dan Proses Pancking => Ekspedisi Pengiman dan blablabla bisa ada cek sendiri
bagaimana cara belanja di aliexpress

Cara Cek Status Pesanan Barang di AliExpress


Karena ini pengalaman pertama belanja online di Alibaba Express tentunya ada rasa penasaran barang yang di pesan sudah sampai mana, maka anda bisa cek status paket tersebut melalaui web Aliexpress langsung. Caranya yakni:

  • Masuk ke website Aliexpress dan pastikan sudah login dengan akun anda
  • Pilih opsi My Order
  • Maka anda bisa cek status pesanan barang yang sudah dikirim dengan menekan tombol Tracking
  • Selesai, akan muncul tahap-tahap dari awal pengiriman barang belanja di Aliexpress sampai ke Kantor POS yang ada di wilayah anda sekarang

Okelah, rasa-rasanya sudah tertullis diatas tentang bagaimana cara belanja di Aliexpress (Alibaba Express) buat yang tidak memiliki kartu kredit yakni yang pembayaran lewat Alfamart sampai ke tahapa-tahap dimana kita bisa mengetahui status pesanan barang.

Meski ada banyak kelebihan order produk dari Aliexpress yang domisilinya di China pasti juga ada kekurangannya, contoh saja tambahan biaya untuk pajak barang import.

Dan tips supaya anda tidak terkena pajak bea cukai ketika belanja di Alibaba Express, sebisa mungkin membeli produk yang harganya di di bawah 75 Dollar karena menurut informasi yang saya peroleh dari seseorang yang bekerja di Bea Cukai dan dia tidak mau saya sebutkan namanya bahwasannya setiap barang yang di impor dari luar negri masuk ke Indonesia bila diatas nominal 75 dollar akan terkena pajak.

Jadi, sebagai pihak pembeli tentulah anda pintar dan teliti didalam memutuskan pilihan ke produk yang akan di pesan dari toko online AliExpress tersebut yah!

2 comments for "Gini Cara Belanja di Alibaba Express Bayar via Alfamart Terbaru"