Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Emang Transfer Uang Lewat Indomaret Tanpa Rekening ATM Bank Bisa?

Bila sobat bertanya bisakah transfer uang lewat Indomaret tanpa kartu ATM ke rekening Bank? jawabannya pasti tidak bisa, karena update 2019 di Indomaret tidak lagi menerima kirim uang tunai lagi. Dan solusinya yakni kita ke Alfamart aja karna menyediakan layanan kirim uang tunai hasil kerjasama dengan Western Union sebagai solusi buat anda yang sampai saat ini belum punya rekening Bank (BCA, Mandiri, BNI, BRI dll) dan mau mengirim uang di Indomaret tapi tidak ada.

Selain itu biaya pengiriman uang melalui Alfamart murah, hanya Rp 15.000,- per satu kali transaksi dibawah 1 juta, kalau diatasnya 1-5 juta sebesar Rp 25.000,-/kirim. Dan lagi minimarket Alfa tidak sulit kita temukan sama kayak Indomaret untuk transfer uang tanpa rekening ATM Bank ke seluruh penjuru Indonesia.
bagaimana cara tansfer uang lewat indomaret
Ataupun misalnya sobat sudah memiliki kartu ATM rekening bank BRI, BCA, Mandiri, BNI dan bank lain namun tidak punya saldo, atau mungkin sulit menemukan gerai ATM di sekitarnya anda, maka alternatif terbaik adalah mentransfer uang lewat Alfamart pake layanan truemoney disana.

Syarat Transfer Uang Lewat Alfamart Terbaru

Lalu, apa aja persyaratan yang harus sobat persiapkan sebelum ke Alfamart untuk mengirim uang tunai tanpa ATM?
Penting!! Buat sobat yg berniat transfer uang lewat Indomaret ke rekening bank silahkan mengurungkan saja, karena sekali lagi minimarket tsb tidak menerima kirim-kirim uang lagi.
Lanjut ke topik bahasan kirim uang di Alfamart, sudah pasti tidak perlu membawa kartu ATM seperti saat anda mentransfer uang melalui ATM BRI ke bank lain. Cukup 4 hal ini yang wajib anda siapin sebelum berangkat ke minimarket Alfamart buat TF uang tanpa rekening bank, yaitu:
  • Uang yang mau dikirim
  • E-KTP / Kitas (Kartu Tanda Identitas) / SIM asli buka fotocopy
  • Nomer hp anda sendiri
  • Nomor hp penerima

Hanya itu saja yang perlu sobat persiapin kalau sekarang akan pergi ke Alfamart buat transfer uang ke teman, maupun keluarga anda yang belum mempunyai rekening Bank.

Baca ini juga yah: info tempat pembelian kartu e-toll terbaru

Memang ada sih alternatif kirim uang tanpa rekening, yakni lewat kantor POS Indonesia. Namun kekuranganya ada di jam kerja. Tau sendiri kan, kantor POS beroperasinya jam berapa apa?

Tata Cara Transfer Uang Lewat Alfamart Tanpa Kartu ATM Bank

Untuk mempersingkat waktu, saya jabarin aja yah langkah-langkah cara kirim uang via Indomaret eh salah hehe yang bener tuh TF uang di Alfamart. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pergi ke gerai Alfamart dan langsung samperin kasirnya
  2. Bilang kalau sobat mau transfer tunai tanpa rekening Bank di Alfamart
  3. Anda akan diminta E-KTP asli
  4. Lalu kasir juga meminta nomor hp anda, silahkan berikan
  5. Selain itu kasir juga minta nomor hp penerima transfer uang
  6. Terakhir, mbak kasir Alfamart menanyakan berapa uang yang mau di kirim dan menyebutkan tagihan yang harus dibayar, contoh kirimnya Rp. 500.000,- maka ditambah biaya Rp. 15.000,- total jadi Rp.515.000,-

Setelah itu anda akan mendapat struk bukti pengiriman duit lewat Alfamart berisi Kode MTCN kepanjangan dari Money Transfer Control Number.
bisakah transfer uang lewat indomaret
Struk tersebut bisa anda foto dan kirim lewat WhatsApp, BBM atau media perpesan lain ke penerima uang yang di transfer.
apakah bisa transfer tunai melalui indomaret / alfamart
Beberapa saat, anda juga akan menerima pemberitahuan SMS kode MTCN. Misalkan orang yang sobat kirimi uang, kuota hpnya lagi habis, maka SMS kode MTCN tersebut bisa anda teruskan ke dia.

Langkah Cara Mengambil Uang di Alfamart Tanpa Rekening Bank

Tentunya, usai melakukan transfer uang lewat Alfamart, teman ataupun keluarga yang dikirimi uang bertanya "Bagaimana cara pengambilan uang hasil dari kirim uang tunai dari Alfa?"

Nah, saya yakin anda pasti sudah tahu yah caranya?

Karena tadi waktu menerima struk di Alfamart, anda pastinya sudah diberitahukan cara mengambil uangnya gimana (Kalo sobat ngirim uang melalui Alfamart, kasir akan menyarankan tarik tunai di Alfamart)

Caranya yakni, tinggal nunjukin aja kode MTCN ke kasir dan bilang mau tarik tunai lewat Alfamart.

Kesimpulan dari cara transfer uang lewat Indomaret ke rekening Bank seperti misal BCA, BRI, Mandiri, BNI sangat tidak bisa maka solusinya mudahnya ya kirim uang dengan Alfamart yang tidak ada batasan waktu, mau pagi, siang, sore, malam, sobat bisa mengirim uang tunai tanpa ATM di Alfamart.

Dan lagi biaya kirim uang melalui Alfamart hanya 15 ribu, tidak sebanding dengan biaya beli BBM, uang makan dan waktu yang anda gunakan jika langsung nyamperin ke orang yang dikirimi uang tadi.

Iya kalau,masih satu kota, kalo beda kota atau provinsi gimana hayyoo..!

Ohya, si penerima tidak dikenakan biaya mengambil uang yang sobat transfer tadi. Sama halnya ketika menggunakan Western Union untuk mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia.

Sekian dulu info singkat ato jawaban dari pertanyaan anda apakah bisa kirim uang lewat Indomaret ke rekening Bank tanpa ATM. Jangan share artikel ini, biyar yang lain kepo terus!

4 comments for "Emang Transfer Uang Lewat Indomaret Tanpa Rekening ATM Bank Bisa?"

  1. Kalau Kitas yang lain ada ga? Saya belum punya KTP sama SIM soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih pelajar (SMA / Mahasiswa) bisa pakek Kartu Identitas Pelajar ataupun pake KK..

      Delete
  2. Kan saya blom punya Ktp sama sin (Pelajar), pakai Kartu Pelajar bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan langsung ke Indomaret aja mas pasti ada solusinya..

      Delete