Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Cara Menjadi Dropship di Tokopedia & Tips Untuk Pemula

Hi sob, pengen tahu cara menjadi dropship di Tokopedia? kalau itu yang dicari maka simak tutorial jualan online berikut yakni sebagai dropshipper atau dagang barang tapi tidak pake stok dan simak juga sedikit tips buat kalian yang baru mau memulai kerja jadi dropship di Tokopedia.

Nah, menjadi dropship di Tokopedia merupakan untuk cari supplier produk dengan harga yang bersaing sudah tepat anda jatuhkan ke Tokopedia sebagai tempat dropship yang nantinya produk tersebut anda promosi'in di olshop lain kayak Shopee, Lazada dll dikarenakan di Tokopedia banyak sekali supplier terpercaya untuk dropship dengan harga pabrik yang murah.
bagaimana cara menjadi dropship di tokopedia
Dengan begitu keuntungan dari tiap produk yang terjual di toko online anda bisa lebih banyak karena biaya pembelian produk yang pembeli pesan ke anda lebih murah jika sudah menemukan pedagang grosir sekaligus ecer pembeli dropship.

Namun, selain mencari supplier yang bagus untuk diajak kerjasama dengan anda sebagai dropshipper, ada hal lain yang juga tidak boleh disepelekan..

..Apa aja itu?

Berikut tips ringan untuk memulai kerja sebagai dropship di Tokopedia:

1. Cari & Temukan Supplier

Olshop Tokopedia menjadi tempat ribuan merchant grosir dengan berbagai macam produk, jadi untuk menemukan supplier yang tepat bisa di katakan gampang-gampang susah jika anda belum paham seperti apa kriteria untuk menjadikan merchant tersebut sebagai supplier anda nantinya.

Nah, berikut kriteria supplier di Tokopedia yang bisa anda ajak untuk bekerjasama:

  • Pilih supplier yang memakai fitur Gold Merchant / Promote Merchant alasannya yah karena penjual berani bayar lapak jualan dan serius dalam menjalankan bisnisnya di Tokopedia
  • Carilah supplier yang masih dalam keadaan berkembang dengan alasan karena tentu mereka sangat senang ada orang yang ngebantu jual dagangan mereka
  • Lihat keaktifan supplier dalam melayani pertanyaan dari pembeli, cek respon atau tanggapan pembeli mengenai produk yang sudah mereka terima
  • Terakhir, perhatikan nilai Bintang yang didapat merchant tersebut


2.  Riset Produk

Melakukan riset produk yang mau anda jual nantinya sangat perlu dilakukan, tujuannya jelas supaya produk yang anda tawarkan cepat laris manis. Dan sekedar saran aja, jangan terpaku menjual 1 jenis produk, anda bisa jualan macam-macam barang di Shopee, Lazada, Bukalapak yang menjadi peralihan dropship anda.

Hindari produk kerajinan tangan yang terlihat begitu unik untuk meminimalizir keterlambatan pengiriman pesanan pembeli anda nantinya karena kesulitan anda sendiri dalam mencari supplier lain jika supplier utama mengalami masalah di produksinya.

3. Kenali dan Jalin Hubungan Baik

Kalo yang ini bisa anda lakukan maupun tidak yakni mengunjungi lokasi supplier untuk berbincang langsung dengan dia. Dengan menjalin silaturahmi kita harapkan ada kepercayaan antara dropshipper dan Supplier.

Namun, hal ini dapat kita lakuin kalau tempatnya tidak jauh. Misalnya masih dalam satu Kota, Kabupaten yang sama. Kalo beda kota tapi anda merasa tidak keberatan untuk mengunjungi lokasi supplier, menurut saya itu malah lebih bagus.

Contoh Cara Menjadi Dropship di Tokopedia ke Shopee


Nah, setelah anda mengetahui beberapa tips menjadi dropship untuk pemula diatas, kini anda bisa menyimak contoh cara dropship di Tokopedia ke Shopee dan syaratnya anda sudah daftar akun di Tokopedia dulu, kalau belum ikuti tautan tersebut.

Buat yang sudah memiliki akun di Tokped karena pernah atau langganan belanja online disana, bisa baca langkah-langkah order dropship di Tokopedia dibawah ini:

  • Pertama-tama lakukan pembelian produk seperti biasa yakni klik Gambar Produk 
  • Selanjutnya klik tombol Beli (Pastikan penjual merupakan supplier yang anda pilih untuk bekerja sama) 
  • Berikutnya pada tampilan Beli Produk masukkan data-data seperti:
  • Jumlah barang yang dibeli (Kalo ada spesifikasi barang yang diminta maka tulis saja di keterangan Opsional)
  • Biaya asuransi pilih Ya / Tidak
  • Alamat Tujuan Pengiriman isi alamat anda lalu pilih Tambah Alamat Baru dan masukkan data lengkap pembeli produk anda kemudian Simpan 
  • Sekarang silahkan memilih Kurir lalu klik tombol Beli maka akan tampil jendela yang menginformasikan kalau produk sudah masuk keranjang, lanjut Bayar 
  • Centang fitur Kirim Sebagai Dropshipper lalu masukin Nama Anda, Nama Olshop Anda dan No hp yang dapat dihubungi, setelah itu lanjutkan ke Pilih Metode Pembayaran sesuai dengan keinginan anda
  • Selesai dan segera lakukan pembayaran


Dari langkah diatas yakni melakukan order barang di Tokopedia sebagai dropship tentunya anda sudah memiliki toko online di Shopee atau ditempat olshop lainnya. Jadi sebelum menerapkan tutorial cara menjadi dropship di Tokopedia disini silahkan buka toko online di Shopee dulu pada link ini panduannya.

Post a Comment for "Ketahui Cara Menjadi Dropship di Tokopedia & Tips Untuk Pemula"