Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia Melalui Hp?
Jumpa lagi dengan Sang Cara, kali ini sobat bisa mengetahui bagaimana cara membatalkan pesanan di Tokopedia atau cancel transaksi belanja Toped melalui hp android atau iphone, baik itu yang belum dibayar maupun sobat terlanjur sudah konfirmasi pembayaran Tokopedia lewat Indomaret, Alfamart, transfer bank dll. Kalau begitu simak terus artikel ini yah!
Nah, tentunya semua orang punya pengalaman yang beda-beda saat membeli barang di Tokopedia, ada yang puas, ada juga yang mengalami masalah ketika order barang di Tokopedia. Diantaranya seperti:
Persoalan diatas tidak hanya dialami teman-teman yang belanja online di aplikasi Tokopedia, namun dari banyak sumber yang saya baca-baca di mesin pencari Google, baik yang order barang dari Lazada, Bukalapak dll juga muncul masalah kayak gitu dan endingnya mencari cara pembatalan pesanan di toko online tersebut.
Intinya sih ya karena kita tidak bertatap muka langsung sama yang jual barang kayak belanja secara offline dan bisa melihat fisik barang secara nyata.
Belum lagi ada pihak ke-3, yaitu jasa pengiriman barang pesanan yang penjual di toko online Tokopedia, Lazada, Bukalapak dkk. tidak bisa mengontrol kapan barang yang sobat pesan sampai di rumah.
Lalu, Adakah Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia?
Begini, jika saya boleh meng-urutkan ada 3 tahapan didalam permasalahan pembatalan di aplikasi Tokopedia yang jadi persoalan. Yakni:
Kalau sobat masih dalam tahap ini, sangat bisa membatalkan pesanan di Tokopedia dan mudah pula caranya. Sobat bisa ikutin langkah-langkah dibawah ini:
Dalam tahap tersebut, kita masih belum masuk ke pemilihan Metode Pembayaran, jadi sangat mudah batalin pesanan Tokopedia.
Sobat sendiri tentunya sudah tahu, saat mendapatkan Kode Pembayaran di Tokopedia, disitu juga terdapat notifikasi kalau pembeli tidak menyelesaikan dalam batas waktu pembayaran 48 jam, maka bisa kita simpulkan kalau dalam kurun waktu yang sudah ditetapkan tersebut sobat tidak membayar pesanan secara otomatis batal / di cancel.
Entah, apapun alasan pembeli ingin cancel pemesanan tersebut, kalau barang sudah dalam proses pengiriman atau sudah berada di tangan pihak ke-3 (JNE, JNT, POS dll) maka tidak ada cara membatalkan pesanan di Tokopedia yang sudah terbayar.
Namun, jika situasinya barang yang sobat pesan masih belum diberikan ke jasa pengiriman, kemungkinan pembatalan masih bisa diusahakan.
Silahkan coba menghubungi seller melalui aplikasi Tokopedia di hp android / iphone pada opsi tombol Tanya Penjual yang ada di menu Status Pesanan.
Sobat bisa menanyakan ke seller tersebut, apa bisa dilakukan pembatalan pesanan dan jangan lupa berikan alasan kenapa sobat mau membatalkan pesanan di Tokopedia.
Tidak ada jaminan keberhasilan metode ini, karena tidak semua penjual yang ada di Tokped mau cancel pemesanan yang mereka terima.
Nah, dari 3 fase diatas, dimanakah posisi sobat sekarang?
Nah, tentunya semua orang punya pengalaman yang beda-beda saat membeli barang di Tokopedia, ada yang puas, ada juga yang mengalami masalah ketika order barang di Tokopedia. Diantaranya seperti:
- Pesanan lama sampainya
- Stock tiba-tiba habis tapi sobat sudah bayar belanjanya
- Salah memasukkan alamat pengiriman
- Bingung cara hapus pesanan di Tokopedia yang sudah masuk di keranjang, dll.
Persoalan diatas tidak hanya dialami teman-teman yang belanja online di aplikasi Tokopedia, namun dari banyak sumber yang saya baca-baca di mesin pencari Google, baik yang order barang dari Lazada, Bukalapak dll juga muncul masalah kayak gitu dan endingnya mencari cara pembatalan pesanan di toko online tersebut.
Intinya sih ya karena kita tidak bertatap muka langsung sama yang jual barang kayak belanja secara offline dan bisa melihat fisik barang secara nyata.
Belum lagi ada pihak ke-3, yaitu jasa pengiriman barang pesanan yang penjual di toko online Tokopedia, Lazada, Bukalapak dkk. tidak bisa mengontrol kapan barang yang sobat pesan sampai di rumah.
Lalu, Adakah Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia?
Begini, jika saya boleh meng-urutkan ada 3 tahapan didalam permasalahan pembatalan di aplikasi Tokopedia yang jadi persoalan. Yakni:
1. Cara Pembatalan Transaksi Pemesanan Barang di Tokopedia
Cara ini saya tujukan ke pengguna aplikasi Tokopedia yang baru pertama kali belanja online lewat Tokopedia dengan permasalahan sederhana. Yakni, bingung cara menghapus pesanan yang masuk di keranjang belanja.Kalau sobat masih dalam tahap ini, sangat bisa membatalkan pesanan di Tokopedia dan mudah pula caranya. Sobat bisa ikutin langkah-langkah dibawah ini:
- Dari halaman aplikasi Tokopedia pilih Icon Keranjang yang ada di pojok kanan atas
- Pada menu Keranjang pesanan, pilihlah Icon Titik Tiga (Lihat gambar dibawah) => Hapus
- Selesai..!
2. Cara Membatalkan Pesanan Barang di Tokopedia yang Belum di Bayar
Sedangkan bila sobat sudah memilih Metode Pembayaran (Indomaret, Alfamart, Transfer) pertanyaannya "Apa Bisa Dilakukan Pembatalan Pesanan?" Jawabannya "Bisa Dong".Sobat sendiri tentunya sudah tahu, saat mendapatkan Kode Pembayaran di Tokopedia, disitu juga terdapat notifikasi kalau pembeli tidak menyelesaikan dalam batas waktu pembayaran 48 jam, maka bisa kita simpulkan kalau dalam kurun waktu yang sudah ditetapkan tersebut sobat tidak membayar pesanan secara otomatis batal / di cancel.
3. Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia yang Sudah Dibayar
Apabila sobat sikonnya sudah menyelesaikan pembayaran, opsi pembatalan orderan barang di Tokopedia sangat sulit dan kemungkinan berhasilnya kecil.Entah, apapun alasan pembeli ingin cancel pemesanan tersebut, kalau barang sudah dalam proses pengiriman atau sudah berada di tangan pihak ke-3 (JNE, JNT, POS dll) maka tidak ada cara membatalkan pesanan di Tokopedia yang sudah terbayar.
Namun, jika situasinya barang yang sobat pesan masih belum diberikan ke jasa pengiriman, kemungkinan pembatalan masih bisa diusahakan.
Silahkan coba menghubungi seller melalui aplikasi Tokopedia di hp android / iphone pada opsi tombol Tanya Penjual yang ada di menu Status Pesanan.
Sobat bisa menanyakan ke seller tersebut, apa bisa dilakukan pembatalan pesanan dan jangan lupa berikan alasan kenapa sobat mau membatalkan pesanan di Tokopedia.
Tidak ada jaminan keberhasilan metode ini, karena tidak semua penjual yang ada di Tokped mau cancel pemesanan yang mereka terima.
Nah, dari 3 fase diatas, dimanakah posisi sobat sekarang?