Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gampangnya Cara Mengisi Token Listrik Pulsa yang Sudah Habis

Sebagai pelengkap dari postingan awal tentang listrik prabayar, kali ini silahkan simak langkah bagaimana cara mengisi token listrik pulsa yang sudah habis khususnya buat pelanggan baru yang dulu menggunakan listrik pascabayar lalu sekarang ini beralih menggunakan listrik pintar / prabayar yang pemakaiannya lebih bisa pemilik kontrol sendiri.

Dan mungkin informasi ini bisa membantu sobat waktu lupa cara mengisi pulsa listrik yang sebenarnya sudah diberitahu petugas PLN tentang cara pengisian energi listrik (KWH) dirumah melalui alat meteran atau MCB listrik PLN itu secara elektrik.
Sebelum melanjutkan kebawah mengenai isi pulsa listrik, apakah sobat sudah tahu tempat beli pulsa PLN itu dimana aja? Yuk di lihat lokasi yang bisa kalian datangi atau pesan token listrik, yaitu:

  • Minimarket Indomaret, Alfamart dll
  • Konter pulsa
  • Toko online (Tokopedia, Shopee, Traveloka dll)
  • Mesin ATM

Sedikit saran dari saya, boleh di ikuti boleh juga tidak, misalkan ditempat tinggal anda ada tetangga yang jualan token listrik alangkah baiknya kalau sobat beli pulsa listrik di situ, guna saling membantu perekonomian kampung atau desa anda sendiri.

Oke, kita kembali ke topik awal sesuai judul diatas yakni..

Bagaimana Cara Mengisi Token Listrik Pulsa yang Sudah Habis

Pertama kali yang harus sobat miliki selain meteran listriknya adalah 20 digit angka / nomor token listrik yang anda peroleh setelah membeli dari penjual pulsa dengan cara memberi tahu ID pelanggan token PLN anda.

Usai membeli, sobat akan diberikan 20 digit angka nomor token pengisian stroom, baik itu ditulis pada struk pembelian pulsa listrik ataupun tulis tangan pada secarik kertas.

Namun terkadang ada beberapa kendala teknis mengenai no token listrik yang sudah dibeli, seperti saja tulisan tidak jelas yang akhirnya membinggunkan kita dalam memasukan token listrik ke meterannya.

Atau juga karena pembelian pulsa listrik dari minimarket yang pada akhirnya kita dikasih struk dan kitanya terlalu lama menyimpan struk tersebut, tinta tulisan menghilang. Nah, sobat bisa mencari solusi cara mengetahui nomor token listrik yang hilang di tautan ini.

Berikut langkah-langkah untuk cara mengisi pulsa lisrik PLN di meteran:

  1. Silahkan menuju ke alat meteran listrik dirumah anda
  2. Kemudian langsung masukkan 20 kode token listrik yang sobat punya dengan cara memencet angka-angka yang ada di alat meteran tersebut 
    cara mengisi token listrik yang sudah habis
  3. Cek kembali angka yang sobat masukkan tadi, jika ada kesalahan nomor maka sobat bisa memencet tombol Kembali yang letaknya di pojok kiri bawah (Gambarnya anak panah ke kiri)
  4. Lanjut tekan tombol Setuju yang letaknya di kanan bawah (Jika MCB sobat bermerk Hexing maka tombol tersebut berwarna merah)
  5. Selesai, kalau tadi nomor token yang dimasukan benar maka di layar terdapat tulisa BENAR dan misalkan salah maka tulisannya muncul GAGAL 
    cara mengisi token listrik pulsa
Itulah bagaimana cara mengisi token listrik pulsa yang sudah habis, gampang yah!

Cara Mengisi Token yang Habis Total

Kalau diatas tadi kita sudah mengetahui step by step melakukan isi ulang stroom prabayar dan langsung bisa sobat praktekin dirumah atau kosan, dengan ketentuan listrik belum mati dan masih ada pulsa tokennya walau sedikit, lalu gimana jika token sudah habis total?

Nah kalo sikonnya kayak gitu, kita yang awam terkadang bingung karena listrik mati tapi meteran masih nyala namun dilayar tidak ada muncul angka juga tulisan KWH.

Oke, jangan terlalu bingung karena cara mengisi token listrik yang mati total itu "sama aja" dengan langkah-langkah yg sudah sobat baca diatas, yakni:

  1. Langsung masukkan kode angka pengisian token yang sudah beli ke meteran
  2. Selanjutnya pencet tombol Merah (Lihat gambar diatas yg saya kasih lingkaran merah)
  3. Selesai dan listrik kembali menyala

Tambahan Informasi: Sebisa mungkin listrik mati total karena pulsanya habis ini tidak terjadi di tengah malam. Kenapa?

Karena pengisian token ke meteran ada batasan jam antara pukul 23.00 WIB sampai 01.00 WIB baru bisa. Dengan begitu kalau misalkan sobat menginput kode token pada meteran pada jam segitu jangan heran kalo gagal / tidak bisa. Sekian dan matursuwon!

2 comments for "Gampangnya Cara Mengisi Token Listrik Pulsa yang Sudah Habis"